Sepenggal Cerita Aku Dan Mig33

Sedikit menengok kebelakang kembali ke era tahun 2000an dimana smartphone yang canggih dan keren belum hadir sebanyak sekarang ini dan aplikasi chatting belum berhamburan di kalangan masyarakat seperti BBM, Whatsapp, Line, Kakao Talk, BeeTalk, Skype, dan lainya. Tepatnya di bulan desember 2006, ketika aku masih duduk di bangku SMP, aku baru mengenal dunia internet dan masih menggunakan handphone pertama aku beli yaitu Nokia 2626. Sebuah ponsel sederhana yang belum memiliki kamera, slot memori, apalagi touchscreen, namun begitu spesial menurut aku karena berkat handphone tersebut telah mengenalkan apa itu internet.

Sedikit jenuh dengan kebiasaan SMS dengan teman-teman karena kontak di handphone aku hanya beberapa nomor saja dan memang masih sedikit sekali teman sekolah yang memiliki handphone kala itu, ditambah lagi biaya sms waktu itu sedikit mahal dikantong pelajar. Seingat aku kalau tidak salah biaya satu sms sekitar Rp. 350 itu pun mendapatkan bonus 10sms saja. Dari sekedar rasa ingin tahu aku suka mendownload aplikasi chatting yang di sediakan disalah satu wapsite terkenal getjar.com yang ntah sekarang wapsite tersebut masih aktif atau tidak karena memang aku sudah lama tidak membuka wapsite tersebut. Dari beberapa aplikasi yang aku download tersebut, tidak semuanya bisa berjalan lancar dan bahkan sedikit bingung bagaimana cara untuk memakainya. Maklum saja, saat awal-awal aku bermain internet di handphone bisa di bilang newbie atau baru dan belum begitu mengerti tentang aplikasi chat.

Dari beberapa aplikasi mobile chat yang aku download dan aku coba satu-satu. Hanya mig33 yang menjadi favorit aku waktu itu. Awal mulanya aku harus register username dan password yang diverifikasi melalu nomor handphone aku. Tetapi sedikit aneh waktu register di mig33, kalau tidak salah username yang aku masukan adalah eko_s namun ntah karena sistem mig33 yang belum benar atau kurang beruntung, username yang aku terima tidak sesuai dengan yang aku tuliskan di form registrasi. Tapi tak apalah karena dulu yang penting bisa login ke mig33. Setelah mendapatkan username dan password barulah login ke aplikasi mig33. Awalnya sedikit bingung cara pemakainya namun setelah mencoba-coba akhirnya sedikit mulai mengerti cara penggunaan mig33, petualangan di mobile chat mig33 pun dimulai.

Ngeroom, atau chatroom adalah tempat dimana  beberapa user mig33 berkumpul untuk ngobrol atau sharing informasi. Memang untuk awalnya aku begitu bingung ketika pertama kalinya ikut join ngeroom diroom magelang. Mau menyapa tapi tidak ada yang kenal, mau ikut ngobrol tapi tidak tau apa yang dibahas. Karena sering join dan suka nimbrung walaupun tidak ada yang kenal, lama-kelamaan aku bisa beradaptasi dan berkenalan dengan user lainya. Namun waktu itu aku masih penasaran dengan chatroom lain akhirnya aku lebih suka bolang dari room satu ke room lainya dengan tujuan menambah pertemanan. Dan benar daftar kontak list di id mig33 pertama aku sekitar 2000lebih user mig33.

Private Chat, atau chatting dengan user lain yang tidak bisa di lihat oleh orang lain. lebih tepatnya face to face. Pertama kali aku mendapatkan private chat dari seseorang yang tidak aku kenal. Dan sampai sekarang masih aku ingat text yang dikirim oleh orang tersebut, kira-kira seperti ini “hai, asal mana, nama kamu siapa?, kenalkan nama aku widi“, waduuh pikirku, kenapa cowo yang mengirim pesan private chat, namun aku tidak membalasnya karena takut aku di apa-apain oleh cowok tersebut hahahahahha.

Group Chat, atau chatting dengan beberapa user mig33 yang hanya bisa ikut join dengan cara di invite oleh user didalam group tersebut. Pertama kali aku ikut group chat ketika aku mempunayi teman yang mengajak untuk group chat dengan beberapa orang lainya karena sedikit privasi dan takut diketahui orang banyak. Waktu itu kami membahas tentang pertemuan beberapa user mig33 area Magelang.

Sekitar 5 bulan aku berchatting ria didunia mig33, bertukar informasi, berkenalan dengan orang yang berbeda kota, berbeda provinsi, hingga berbeda negara pun pernah aku rasakan. Karena aku berstatus masih seorang pelajar SMP, dan harus fokus terhadap pelajaran sekolah. Mau tidak mau aku harus meninggalkan mig33 untuk fokus ke ujian kenaikan kelas sekolah yang tentunya aku utamakan ketimbang dengan dunia maya.

Sekitar 4 bulan aku tidak online di mig33. Tiba tiba rasa kangen muncul, mungkin karena efek jenuh dan tidak ada hiburan yang menarik lainya. Akhirnya aku kembali lagi di mig33. Menggunakan handphone yang berbeda dari sebelumnya dikarenakan handphone Nokia 2626 aku telah error. Nokia 7610 handphone kedua yang aku miliki yang memiliki layar lumayan gedhe ketimbang pendahulunya. Setelah download aplikasi mig33 yang sudah terupdate, sempat memikirkan sesuatu yaitu username yang dulu aku pakai lupa. Mau tidak mau aku harus register dengna menggunakan username yang baru. Username awal_cool adalah username kedua aku yang sampai sekarangt ini masih aktif dan tidak sagunakan lagi. Masih seperti yang dahulu mig33 tetep eksis dalam chatroom, private chat, dan groupchat.

Setahun lebih aku menggunakan username awal_cool dan ngebolang ke berbagai macam chatroom dan banyak sekali teman yang aku punya karena memang tahun 2008 adalah tahun dimana mig33 booming atau sempat populer jadi berbagai chatroom terisi penuh dengan user mig33. Namun dalam keasyikan ketika bermain mig33 tepatnya dibulan juni 2009 ketika aku lulus dari bangku sekolah SMP, aku berpindah kota ke Wonosobo dimana aku akan menempuh jenjang sekolah berikutnya.  Aku masuk ke salah satu pesantren terkenal di Wonsobo yang mengharuskan seluruh siswa atau murid tidak boleh membawa handphone. Berat rasanya ingin meninggalkan dunia maya mig33  yang begitu banyak teman yang telah aku peroleh, berbagai macam informasi yang aku peroleh. Tetapi apa boleh buat aku harus mematuhi peraturan tersebut dan tidak dapat mengelaknya lagi. Aku tinggalkan mig33 lagi.

bersambung.....

First